Wednesday, October 30, 2019

Kuliner Pinggir Jalan: Tteokbokki vs Cilok Cimol

Kuliner Pinggir Jalan: Tteokbokki vs Cilok Cimol 


Tteokbokki adalah jajanan pasar yang sangat populer di Korea. Makanan ini juga sudah menjamur di Indonesia. Menu tteokbokki selalu ada di setiap restoran Korea. Beberapa toko makanan bahkan telah menjual tteokbokki instan agar pembeli dapat membuatnya sendiri di rumah.

Tteokbokki merupakan makanan favorit sebagian besar pelajar di Korea. Jajanan ini dapat ditemui di kios-kios kecil di pinggir jalan serta restoran di dekat sekolah dan universitas. Pada dasarnya tteokbokki terbuat dari garaetteok, kue beras berbentuk silinder yang kenyal. Bentuknya mirip dengan pempek lenjer asal Palembang.

Garaetteok direbus dengan saus gochujang, pasta cabai yang telah difermentasi asli Korea. Tteokbokki dimasak sampai sausnya sedikit mengental. Saat ini sudah banyak variasi penyajian tteokbokki. Ada yang disajikan dengan mi, bakso ikan, aneka makanan laut, dan lainnya.


Tidak ada aturan baku dalam penyajian tteokbokki. Bila suka telur dan sayur, Anda bahkan bisa menambahkannya. Hal ini membuat tteokbokki menjadi jajanan pasar yang sehat dibandingkan dengan makanan kemasan yang penuh bahan pengawet.

Rasa tteokbokki agak pedas dan terkadang ada aroma ikan. Bila pintar memasaknya, bumbunya akan meresap sampai ke dalam tteokbokki sehingga lebih enak. Biasanya makanan ini disantap bersama-sama kalau di restoran. Sementara, bila dibeli dari pasar malam atau kios pinggir jalan, biasanya porsinya untuk seorang dan ditaruh dalam cup.

Kalau Korea punya tteokbokki, Indonesia punya cilok dan cimol. Kedua makanan ini berasal dari Jawa Barat dan terbuat dari tepung kanji. Tak heran bila asal kata kedua makanan ini pun dari bahasa Sunda. Kepanjangan cilok adalah aci dicolok, atau tepung yang dicolok, karena cara makannya adalah dengan dicolok menggunakan tusuk kayu panjang.

No comments:

Post a Comment

3 Kuliner Korea Ini Hits Abis di Indonesia, Mana Favoritmu?

Tteokbokki   Tteokbokki sering muncul di berbagai drama atau  variety  sho w Korea. Makanan pinggir jalan ini berbahan dasar dari tteok ...